Senin, 16 Maret 2015

Kenapa sih durian bisa bau??

   Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.
   Kalo di Indonesia banyak banget yang suka sama nih buah durian karena emang rasanya yang manis dan maknyos (Penulis juga suka banget sama nih buah). Tapi tidak dengan orang2 luar Indonesia/Asia tenggara terutama bule katanya anti banget sama nih buah karena yah bau nya yang menyengat itu. 
   Orang di Asia Tenggara sendiri menjadikan durian sebagai buah idola, bahkan membuatnya jadi selai, pancake, permen, dan sebagainya. 
Nah sekarang pertanyaan nya adalah, kenapa durian bisa bau banget, para ilmuwan juga heran mengapa ada buah yang bisa bau seperti durian. Saking baunya, durian bahkan tidak boleh dibawa dalam angkutan umum di Singapura dan beberapa negara lainnya. Dilansir olehsmithsonianmag.com, ilmuwan dari Jerman meneliti tentang bau durian.
   Hasil penelitian tersebut di tulis dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry. Disebutkan bahwa ada 50 senyawa dalam durian yang bertanggung jawab atas aroma yang tajam dan bau itu. Yang mengherankan 4 senyawa dalam durian bahkan belum ada dalam ilmu pengetahuan manapun. Bahkan senyawa itu tidak ada dalam benda bau lain seperti bawang putih, bajing, karet yang dibakar dan sebagainya.
   Analisa ini memperlihatkan bahwa ada banyak senyawa dalam durian yang menyebabkan bau. Beberapa senyawa masih misterius. Tidak heran jika para ilmuwan memberi slogan bahwa durian adalah keajaiban ilmiah. Namun mereka memperingatkan bahwa dalam durian ada enzim yang digunakan hati untuk menghambat pemecahan alkohol. Jadi jangan banyak-banyak ya kalau makan durian!
   Yah, sayang sekali bagi yang sudah membaca dan mengharapkan asal muasal bau durian, para ilmuwan juga masih pada bingung men, jangan kan ente hehe peace.


Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Kenapa sih durian bisa bau??
Ditulis Oleh Unknown
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam Capruk, Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar