Selasa, 17 Maret 2015

Mengenal Lebih Dalam Tentang Batu Akik atau Batu Mulia

     Batu Akik kalo ditanya tentang batu akik pasti yang terbenak dipikiran kira2 yah batu-batu mulia yang harganya bisa sampe puluhan juta dan juga bisa bikin orang yang gk kenal sekalipun bisa akrab bila bercengkrama tentang batu yang satu ini. Pada saat ini batu akik memang sedang digandrungi oleh orang-orang Indonesia, di tempat penulis sendiri tinggal ada banyak banget tempat pengasahan batu dan juga yang jual batu di pinggir-pinggir jalan. Yupz, Batu Akik memang sedang menjadi fenomena saat ini. Di dalam tulisan ini penulis ingin sharing tentang batu akik yang sudah di olah dari berbagai sumber.

     
     Batuan mulia atau batu akik merupakan anggota elite dari mineral alam. Disebut eli karena dari sekitar 3.000 jenis mineral di Bumi, hanya terdapat 150-200 yang bisa digolongkan jenis batu mulia. pembentukan batu mulia terjadi melalui proses geologi sebagaimana batuan lainnya, misalnya melalui diferensiasi magma, metamorfosa, atau sedimentasi.
     Awalnya adalah aktivitas dapur magma di perut Bumi. Batuan cair bersuhu di atas 1.000 derajat celsius ini terus bergerak dalam selubung atau mantel Bumi. Di luar mantel ini adalah lapisan kerak Bumi, yang tersusun dari lempeng-lempeng yang terus bertumbukan dan menyisakan banyak retakan. Tekanan yang kuat dari dalam cenderung mendorong magma untuk mencari jalan keluar ke permukaan.
    Ketika cairan superpanas dan bertekanan tinggi ini mulai naik, cairan ini akan melarutkan berbagai batuan lain yang telah ada. Terjadilah proses pelarutan atau ubahan hidrotermal. Intan merupakan batuan yang terbentuk di lapisan luar mantel Bumi, di kedalaman hingga 161 kilometer. Di kedalaman ini, tekanan mencapai 4 gpa dan suhu hingga lebih dari 1.350 derajat celsius. Tekanan yang luar biasa kuat dan suhu yang luar biasa panas kemudian mengubah mineral karbon anorganik di kerak Bumi (beda dengan karbon organik yang membentuk batubara) yang dilewati hidrotermal ini menjadi kristal intan.
     Kebanyakan intan yang kita temukan sekarang merupakan hasil pembentukan proses jutaan-miliar tahun yang lalu. Erupsi magma yang sangat kuat membawa intan-intan tersebut ke permukaan, membentuk pipa kimberlite, penamaan kimberlite berasal dari penemuan pertama pipa tempat intan berada tersebut di daerah Kimberley, Afrika Selatan.
     Intan merupakan bagian dari batuan mulia yang memiliki keistimewaan karena kekerasannya. Dalam jajaran batu mulia, skala kekerasan intan mencapai 10 mohs, disusul batuan safir dan rubi (mirah delima) yang mencapai 9 mohs, zamrud mencapai 7-8 mohs. Batuan akik atau yang dalam istilah gemstone digolongkan sebagai batuan setengah mulia memiliki kekerasan kurang dari 7 mohs.
     Berbeda dengan intan, batuan akik terbentuk saat larutan hidrotermal semakin mendingin karena semakin dekat permukaan. Sambil berjalan ke atas, dia mengisi rekahan dan pori-pori batuan, dan bahkan mengisi fosil kayu sehingga membatu. Batuan akik terbentuk oleh tudung-tudung silika atau larutan hidrotermal, yang tidak terlalu jauh dari permukaan. Temperaturnya kira-kira 300 derajat celsius.
     Batuan akik ini bisa ditemui hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dari 34 provinsi di Indonesia, hanya Jakarta tidak mempunyai batuan akik. Sementara intan, sejauh ini hanya ditemukan di Kalimantan. Kekayaan batuan mulia dan setengah mulia ini karena aktivitas geologi Indonesia sejak jutaan tahun lalu. Sejauh ini, aktivitas geologis tertua di Indonesia yang terlacak terjadi sekitar 400 juta tahun lalu, ditemukan dari fosil sejenis kerang yang berada di puncak gunung-gunung di Papua. Ini menandai adanya aktivitas tektonik luar biasa sehingga bisa mengangkat dasar laut hingga membentuk pegunungan tertinggi di Indonesia.
     Fakta, sejarah dan Mitos 
     Seperti batu mulia lainnya, batu akik juga memiliki beberapa fakta menarik dan mitos yang mengitarinya. Mari kita lihat di 9 fakta menarik tentang batu Akik.

(-) Batu Akik mendapatkan namanya dari Sungai Achates di Sisilia, di mana ia dikatakan awalnya ditemukan. Sungai ini sekarang disebut Drillo Sungai tetapi memiliki kredit memberikan batu permata yang terkenal namanya.

(-) Ada bukti untuk membuktikan bahwa batu permata ini sudah digunakan sejak 20000 SM sampai 16000 SM. Bukti sejarah menunjukkan bahwa orang-orang Zaman Batu di Eropa Barat menggunakan batu permata. Catatan menunjukkan bahwa pada 400 SM, batu permata ini digunakan oleh orang Yunani untuk membuat perhiasan dan manik-manik.

(-) Menjadi batu permata dan terima kasih kepada kekerasan dan penampilan warna-warni kuno, itu adalah salah satu di antara bahan pertama akrab bagi umat manusia. Pada hari-hari kuno, diyakini bahwa mengenakan Batu Akik membuat pemakainya ramah, jujur ​​dan persuasif. Singkatnya, itu dianggap untuk memperluas perspektif hidup.

(-) Dalam budaya Persia, batu permata itu dianggap efektif dalam mencegah badai. Ia percaya untuk meringankan pemakainya dari rasa haus. Berbagai budaya di seluruh dunia dianggap batu akik menjadi batu permata yang protektif.

(-) Batu Akik dikaitkan dengan sifat kuratif tertentu juga. Hal ini dikatakan efektif untuk insomnia, alergi, penyakit kulit, stres dan banyak lagi.

(-) Batu Akik mangkuk yang sangat terkenal di masa lalu. Mithradates, raja Pontus telah berharga tiga ribu mangkuk yang terbuat dari batu permata batu akik. Bahkan saat ini, beberapa koleksi batu akik mangkuk oleh keluarga kerajaan yang dipajang di museum negara-negara Eropa. Sumeria memiliki kredit menggunakan Batu Akik dalam pembuatan segel, manik-manik dan bentuk perhiasan lainnya.

(-) Pada zaman kuno, orang-orang Arab dan Persia mengatur batu akik di jari cincin mereka. Batu Akik ini dilakukan ukiran dari Quran ayat atau beberapa tokoh simbolik, yang orang-orang percaya akan menyelamatkan mereka dari bahaya.

(-) Batu Akik tampaknya memiliki beberapa arti khusus yang terkait dengan ulang tahun pernikahan ke-12 dan ke-14. Mereka berbakat untuk pasangan yang merayakan selesainya 12 atau 14 tahun hidup kawin.

(-) Batu Akik warna yang berbeda tampaknya memiliki hubungan dengan berbagai sifat fisik dan mental. Setiap warna akik memiliki fitur tertentu dan karenanya orang-orang yang memakai batu akik, melihat keluar untuk warna yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan mereka. Batu permata ini dianggap sebagai batu permata yang bagus untuk kondisi yang berhubungan dengan kehamilan dan dikatakan untuk melindungi ibu dan anak.

Khasiat atau Manfaat Batu Akik berdasarkan warna

Hijau

Efek warna hijau dari batu akik dipercaya dapat menumbuhkan kasih sayang, memperkuat jantung, memperkuat otot-otot syaraf dan juga dipercaya dapat mengurangi emosi yang bersifat negatif. Batu akik yang memiliki warna hijau misalnya seperti batu Giok, Zambrud, Peridot, Malasit Hijau, batu bacan, dan masih banyak lagi.

Biru Muda / Hijau Kebiruan

Manfaat dari warna ini dipercaya dapat menyehatkan bagian leher, tenggorokan, serta bagian bahu, kemudian selain itu batu akik dengan warna ini juga dipercaya dapat memperlancar berbicara atau bernyanyi, serta dapat menimbulkan rasa bijaksana. Batu yang memiliki warna dominan biru muda atau hijau kebiruan seperti Akuamarin, Pirus, Malasit Biru, Topas Biru, Kuarsa Biru, dan Turmalin Biru.

Biru / Biru Tua

Manfaat dari warna biru atau biru tua dari batu akik dapat menumbuhkan kebijaksanaan, memperkuat mata dan telinga, mengembangkan intuisi, memperkuat daya ingat, bahkan dipercaya juga dapat meningkatkan kepekaan terhadap dunia supranatural. Batu akik yang memiliki warna biru atau biru tua seperti Turmalin, Safir, dan Lapis Lazuli.

Ungu

Warna ungu dapat mengurangi rasa emosi yang bersifat negatif, menumbuhkan ketenangan, membantu pengembangan kebathinan yang bersifat positif, serta menambah daya stamina pada tubuh. Batu akik yang memiliki dominan berwarna ungu adalah Kecubung, serta Turmalin Ungu.

Kuning / Keemasan

Warna kuning atau keemasan yang dominan pada batu akik dipercaya dapat membantu memperkuat karakter maskulin dan memperkuat tubuh secara keseluruhan. Misalnya batu Topas Kuning, Citrin, Safir Kuning, dan Mata Kucing yang kekuningan.

Oranye

Warna Oranye atau merah Jingga pada batu mulia dapat memberikan khasiat untuk memperkuat vitalitas serta daya kreatif. Misalnya seperti batu permata Citrin, dan Carnelia.

Merah Jambu

Memiliki manfaat kehangatan dan ketulusan yang daman dan positif, kehalusan cinta, serta memperkuat daerah jantung. Warna merah jambu pada batu permata dihasilkan dari Kuarsa Rose, Turmalin, Garnet dan Koral.

Merah

Pengaruh dari warna merah pada batu permata dapat meningkatkan hawa panas, menambah tenaga tubuh secara keseluruhan karena akan mempengaruhi peredaran darah, dan dipercaya dapat membuat lebih giat dalam bekerja. Batu permata dengan dominan warna merah misalnya, Ruby, Mirah Siam, Jasper, Garnet dan Koral.

Cokelat

Batu permata yang memiliki warna dominan cokelat memiliki manfaat yang berkaitan pada bagian paha. Dapat menambah ketenangan, memperkuat bagian kaki dan paha. Misalnya batu Topas Cokelat, Tiger Eye, dan Jasper.

Abu-abu

Dipercaya dapat memperkokoh bagian kaki, menambah kesabaran, dan menjadi penyalur tenaga ke bumi. Batu permata dengan dominan warna abu-abu misalnya Mata Kucing, dan Badar Besi.

Hitam

Warna hitam pada batu permata dipercaya dapat memperkuat daya fokus, keteguhan, ketabahan, serta menambah ketenangan. Batu permata yang memiliki warna dominan hitam adalah seperti Koral Hitam, Onyx, Wulung, Safir Hitam, dan semua jenis batu yang memiliki warna dominan kehitaman lainnya.

   Ya itulah beberapa ulasan tentang batu mulia atau batu akik mulai dari mitos hingga khasiat. Di balik semua itu yang memiliki unsur-unsur demikian tergantung kepada kepercayaan masing-masing yah, tapi ingat pada dasar nya batu mulia atau batu akik adalah sebuah aksesoris atau perhiasan saja.
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Mengenal Lebih Dalam Tentang Batu Akik atau Batu Mulia
Ditulis Oleh Unknown
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam Capruk, Terima kasih

1 komentar:

  1. Daftar Slot Bank Bsi

    Daftar Slot Bank Bsi, Situs Slot Depo Bank Bsi, Situs Daftar Slot Bank Bsi, Link Daftar Slot Bank Bsi, Agen Slot Bank Bsi, Slot Gacor Bank Bsi.

    ✅ Promo 100% Khusus Member Baru

    ⏩ Nomor WA : 0812.5180.0947
    ⏩ *Link : masuk . vip / idebet*

    #slotbankbsi #slotdepositbankbsi #daftarslotbankbsi #agenslotbankbsi #slotonlinebankbsi #situsslotbankbsi #slotviabankbsi #slotbankbsi24jam #judislotbankbsi #gamesslotbankbsi #slotdepobankbsi

    BalasHapus